HR Department Chatbot

Chatbot digunakan untuk membantu HR dalam menjawab pertanyaan berhubungan dengan tenaga kerja, informasi yang disampaikan ini simultan dan cepat.

Caranya:
  • Chatbot meminta user untuk menginput ID
  • Chatbot bisa melayani dan menjawab semua pertanyaan dari user
  • HR sangat terbantukan dengan adanya chatbot
Product Sampling Chatbot

Chatbot digunakan sebagai admin dengan melayani customer yang mengajukan untuk menerima sample product dari brand tertentu.

Caranya:
  • Chatbot melayani customer layaknya admin dalam menerima pengajuan dari user
  • Chatbot dapat meminta detail profile terhadap user untuk pengiriman sample product
Project Management Chatbot

Chatbot digunakan untuk mengelola project yang baru, sedang dibuat dan sudah ada.

Caranya:
  • Chatbot meminta pin untuk login
  • Chatbot meminta project data yang harus dimasukkan
  • Chatbot mampu memproses data yang sudah di input ke sistem yang sudah disiapkan
  • Chatbot mampu memperbarui project data yang sudah ada
Bagaimana Caranya?

Ayo kita eksplore apa saja biaya yang bisa dipangkas oleh Automate.id

adminpenjualan
Admin Penjualan

Chatbot digunakan untuk membantu admin dalam menjawab pertanyaan user, menghitungkan ongkir, mengeluarkan invoice dan sampai dengan dinyatakan transaksi sukses

Caranya:
  • Chatbot meminta data diri dari user
  • Chatbot menampilkan beragam pilihan yang diinginkan user
  • Chatbot memberikan pilihan payment, pilihan shipping bahkan keluar invoice
  • Chatbot bisa mem-follow up user
Chatbot Laporan Penjualan

Mengefektifkan dan mengefisiensi laporan penjualan secara real time dan akurat hanya dengan menggunakan chat

Caranya:
  • Chatbot meminta data diri dari user
  • Chatbot mampu memproses semua menu yang sudah ditampilkan, mulai dari absensi, laporan penjualan, atau aktifitas lainnya
  • Chatbot memberikan laporan secara real time
  • Hasil dari laporan yang sudah diproses akan langsung disimpan dan disalurkan ke sistem yang sudah disiapkan
Affiliate Program

Chatbot digunakan untuk membantu mempromosikan produk atau brand dan menambah database secara organik, chatbot juga bisa memberikan poin atau diskon.

Caranya:
  • Chatbot akan menampilkan link yang bisa dibagikan kembali oleh user
  • Chatbot bisa memberikan poin kepada user yang sudah berbagi link
  • Chatbot dapat memproses semua database yang didapat dari hasil affiliate
Chatbot Untuk Whatsapp Marketplace

Chatbot digunakan sebagai media untuk memfasilitasi jual beli produk yang biasanya dilakukan oleh marketplace dengan download app tertentu, sekarang hanya membutuhkan Messenger app yang sudah tersedia seperti Whatsapp

Caranya:
  • Chatbot menampilkan pilihan tipe user, yaitu penjual atau pembeli
  • Chatbot memproses menu yang sudah dipilih oleh user
  • Chatbot melakukan journey pembelian seperti biasa yang ada di marketplace
Sales Lead & Digital Ads Chatbot

Bagaimana mengubah klik pada banner iklan digital menjadi sales lead. Chatbot sebagai agent yang melayani calon pelanggan yang mengklik iklan digital.

Caranya:
  • Chatbot bisa membedakan sumber iklan digital dari mana saja
  • Chatbot mampu membalas pertanyaan user dengan bahasa yang tidak formal
  • Chatbot mampu mengenali pertanyaan user sudah sampai di tahap apa saja
  • Chatbot mampu memproses data user meskipun tanpa awalan +62
Chatbot Untuk Pengajuan Klaim

Chatbot yang bertanggung jawab mengumpulkan data-data customer yang mengajukan klaim, dengan menggunakan chatbot ini maka akan mengurangi jumlah antrian dan mengurangi proses manual.

Caranya:
  • Chatbot meminta data-data diri kepada peserta klaim
  • Chatbot verifikasi ke sistem apakah peserta berhak mengajukan klaim
  • Chatbot menerbitkan nomor antrian
  • Peserta klaim datang ke kantor cabang untuk menerima klaim sesuai waktu dan nomor antrian yang sudah diterbitkan oleh chatbot
Chatbot Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Chatbot digunakan untuk melayani para calon siswa/siswi untuk mendapatkan informasi seputar pendaftaran, sekaligus untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan, mulai dari collecting data, menerima berkas, hingga seleksi yang akan diproses dengan cepat.

Caranya:
  • Chatbot memberikan informasi seputar pendaftaran
  • Chatbot memberikan pilihan jenjang pendidikan
  • Chatbot memberikan pilihan jalur pendaftaran
  • Chatbot memberikan pilihan untuk memilih sekolah tujuan
  • Chatbot akan memverifikasi apakah calon siswa/siswi berhak mendapatkan nomor antrian
  • Peserta didik melanjutkan ke proses seleksi yang akan tampil di website resmi
Chatbot Pendaftaran Universitas

Chatbot digunakan sebagai media untuk mencari informasi mengenai seputar kampus, mulai dari pendaftaran, program kampus bahkan lokasi kampus.

Caranya:
  • Chatbot akan menampilkan menu yang bisa dipilih oleh user
  • Chatbot memberikan info detail dari menu yang sudah dipilih oleh user
  • Chatbot memproses hasil menu yang sudah dipilih oleh user
Chatbot sebagai Translator

Chatbot digunakan sebagai penghubung dan translator ketika admin menggunakan dua bahasa yang berbeda, misal Indonesia - Cina, Indonesia - Inggris dsb. Ataupun translate sebaliknya.

Caranya:
  • Chatbot melayani layaknya admin dalam menjawab pertanyaan user
  • Chatbot bisa membahas pertanyaan user ketika ketika menggunakan bahasa yang berbeda
  • Chatbot mampu menerjemahkan pertanyaan user dengan bahasa yang berbeda
Chatbot untuk Quiz

Chatbot digunakan sebagai host dalam suatu quiz dengan pertanyaan, pilihan, dan juga jawaban yang telah diatur dan disediakan

Caranya:
  • Chatbot melayani layaknya host quiz dalam menerima jawaban dari user
  • Chatbot menyediakan pertanyaan, serta pilihan quiz
  • Chatbot menerima jawaban user dari setiap pertanyaan
  • Chatbot mengakumulasi poin quiz yang didapat oleh user
Chatbot Untuk O2O

Chatbot digunakan untuk mempermudah user yang biasanya mendapatkan kebutuhan sehari hari secara offline kini menjadi online

Caranya:
  • Chatbot menampilkan pilihan menu
  • Chatbot memproses menu yang sudah dipilih oleh user
  • Chatbot menarik daftar harga secara otomatis
  • Chatbot menyediakan pilihan untuk payment bahkan invoice akan keluar hingga dinyatakan transaksi sukses
Chatbot Untuk Reservasi Dokter

Chatbot digunakan untuk mempermudah proses reservasi dokter, konsultasi atau hanya sekedar bertanya tentang keluhan yang dialami tanpa harus datang langsung ke klinik terdekat.

Caranya:
  • Chatbot meminta data diri user
  • Chatbot menampilkan pilihan menu yang ada
  • Chatbot memproses data yang sudah di pilih oleh user
  • User akan mendapatkan kode booking dan selanjutnya mendatangi dokter yang dipilih
Chatbot Pelayanan Masyarakat

Chatbot digunakan sebagai media yang bisa digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasi & laporan terhadap sesuatu ataupun fasilitas umum. Chatbot sebagai jembatan antara masyarakan dan instansi sehingga aspirasi dan laporan tersampaikan dengan cepat

Caranya:
  • Chatbot memberikan pilihan instansi
  • Chatbot mampu menyimpan hasil dokumen yang dikirimkan oleh masyarakat
Chatbot Untuk Mencari Toko Terdekat

Chatbot digunakan untuk mempermudah user dalam mencari toko terdekat dengan memanfaatkan fitur dari shareloc dari messager apps.

Caranya:
  • Chatbot meminta data diri user
  • Chatbot menampilkan pilihan toko terdekat dari user
  • Chatbot memproseskan pilihan dari user
Chatbot Pusat Informasi Pariwisata

Chatbot di fungsikan sebagai media untuk memaksimalkan informasi mengenai pariwisata kepada masyarakat luas, dengan menggunakan chatbot, maka informasi yang diberikan akan menjadi instant dan cepat

Caranya:
  • Chatbot memberikan pilihan kota yang tersedia
  • Chatbot menampilkan pilihan tempat wisata juga bisa menampilkan mengenai informasi lainnya
Chatbot sebagai media voting

Chatbot digunakan sebagai salah satu media untuk penyaluran suara yang dilakukan user terhadap pilihannya, hanya dengan chat platform tanpa harus membuka aplikasi.

Caranya:
  • Chatbot menampilkan pilihan user
  • Chatbot mampu melayani top up ketika saldo user tidak mencukupi
  • Chatbot mampu memproses hasil voting dari user
  • Chatbot meneruskan hasil voting suara ke sistem yang sudah disiapkan
Tidak Menemukan Solusi yang Pas dengan Bisnis Anda?

Sistem automate sangat fleksibel dan dapat diimplementasikan dalam bisnis Anda. Konsultasikan bisnis Anda untuk solusi yang lebih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.